Reaktor Nuklir Bangka Belitung Siap Berdiri 2022

Reaktor Nuklir Bangka Belitung Siap Berdiri 2022 ? - Rencana pembangunan Nuklir Power Plan Bangka Belitung Indonesia (NPP Babel Indo) atau yang lebih dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Bangka Belitung diharapkan akan terlaksana pada tahun 2022 mendatang, dan 2.023 sudah bisa dinikmati masyarakat Bangka Belitung dan sekitarnya.

Untuk terwujudnya rencana besar ini sesuai dengan standar internasional untuk pembangunan PLTN paling tidak 12 tahun diperlukan untuk riset, uji kelayakan dan proses lainnya. PLTN termasuk teknologi canggih yang dapat mengatasi krisis energi dan relatif lebih murah.

Pembangunan PLTN ini merupakan program nasional untuk mengatasi kebutuhan listrik di Indonesia, PLTN merupakan solusi pemenuhan kebutuhan listrik, karena bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Babel saja namun bisa dialiri ke Sumatera, Jawa, Kalimantan dan pulau-pulau lainnya di Indonesia.

Reaktor nuklir
Reaktor nuklir adalah suatu tempat atau perangkat yang digunakan untuk membuat, mengatur, dan menjaga kesinambungan reaksi nuklir berantai pada laju yang tetap. Berbeda dengan bom nuklir, yang reaksi berantainya terjadi pada orde pecahan detik dan tidak terkontrol.

Reaktor nuklir digunakan untuk banyak tujuan. Saat ini, reaktor nuklir paling banyak digunakan untuk membangkitkan listrik. Reaktor penelitian digunakan untuk pembuatan radioisotop (isotop radioaktif) dan untuk penelitian. Awalnya, reaktor nuklir pertama digunakan untuk memproduksi plutonium sebagai bahan senjata nuklir.

Saat ini, semua reaktor nuklir komersial berbasis pada reaksi fisi nuklir, dan sering dipertimbangkan masalah risiko keselamatannya. Sebaliknya, beberapa kalangan menyatakan bahwa pembangkit listrik tenaga nuklir merupakan cara yang aman dan bebas polusi untuk membangkitkan listrik. Daya fusi merupakan teknologi ekperimental yang berbasi pada reaksi fusi nuklir. Ada beberapa piranti lain untuk mengendalikan reaksi nuklir, termasuk di dalamnya pembangkit thermoelektrik radioisotop dan baterai atom, yang membangkitkan panas dan daya dengan cara memanfaatkan peluruhan radioaktif pasif, seperti halnya Farnsworth-Hirsch fusor, di mana reaksi fusi nuklir terkendali digunakan untuk menghasilkan radiasi neutron.

Panas yang dihasilkan dari reaktor nuklir ini mencapai 4.000 derajat celcius, bahkan lebih panas dari luapan lahar gunung merapi yang hanya mencapai 700 derajat celcius. Namun panas yang dihasilkan dari reaktor nuklir ini akan terus dipantau dan dijaga tetap berada di level 300 derajat celcius. Panas yang digunakan hanya 300 derajat celcius, naik 0,5 derajat saja itu, semua alarm sudah berbunyi dan petugas segera mengecek apa penyababnya, panas ini berfungsi untuk memanasi air menjadi uap dan tekanan akan naik ke turbin yang akan menghasilkan energi listrik. Bahkan untuk ruangannya itu sangat aman, karena DOMnya itu tebalnya 2 meter, ada tujuh lapis dengan tebal masing-masing 2 meter, celah beton dengan mutu K nomor 1 untuk melindungi reaktor tersebut.

Saat ini pemprov sudah menyiapkan lahan 850 hektar di Bangka Barat. Dalam pembangunan PLTN ini sepenuhnya diserahkan kepada pemeritah pusat dan BATAN untuk mengelolanya. Menurut pemprov Balbel sudah banyak bank yang menawarkan, tapi itu semua bukan Pemprov yang memutuskan, itu kewenangan BATAN, IAIA dan pemerintah Indonesia. Negara lain yang aselama ini menawarkan kerjasama adalah dari dari Jepang, China, Jerman, Amerika Serikat.

sumber

Ayo Dukung Kontes SEO Solusi Forum Komunitas Online Indonesia | Kecil Jadi Kawan, Besar Jadi Lawan | Harga Jual Blackberry iphone laptop murah | Javahostindo Web Hosting Indonesia | Komodo Island is new 7 wonders of world


Posting Komentar