Trik Mengawali Bisnis Percetakan Tanpa Modal


peluang bisnis
Peluang Bisnis - Sebenarnya kalau mau sedikit kreatif saja kita ga perlu susah-susah nyari pekerjaan di jaman yang serba sulit ini. Ada banyak peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mencukupi kebutuhan maisyah keluarga.

Salah satu peluang itu adalah bisnis percetakan. Dan kebetulan saya sendiri juga memanfaatkan peluang bisnis ini meskipun kurang maksimal karena saya menjadikan bisnis ini hanya sebagai bisnis sampingan. Dalam bisnis ini bisa dijalankan baik dengan modal maupun tanpa modal usaha. Jika anda serius ingin mencicipi peluang bisnis ini, silahkan baca dan ikuti langkah-langkah untuk mengawali bisnis percetakan yang saya tulis ini.

Namun sebelumnya anda harus menyiapkan hal-hal berikut :

1. Skill di bidang desain grafis.
Jika anda punya skill di bidang ini, tentu akan sangat membantu anda dalam menjalankan bisnis. Minimal anda mampu menguasai program Corel Draw dan Photoshop. Jika ternyata anda belum punya skill ini, maka sambil belajar anda tetap bisa menjalankan usaha ini dengan minta bantuan tukang setting (desain grafis).

2. Pengetahuan harga-harga jasa cetak.
Ini sangat penting anda ketahui. Agar anda tidak tekor jika menerima order. Anda harus tau berapa biaya setting, biaya pembuatan film, plat seng atau kalkir, biaya kertas, biaya cetak, dan ditambah biaya transport. Setelah itu baru anda bisa menentukan total biaya cetak ke pelanggan.

Setelah anda menyiapkan kedua hal tersebut diatas,berarti anda sudah siap menerima order cetakan. Nah, langkah selanjutnya adalah anda siapkan kata-kata untuk promosi jasa percetakan anda. Buatlah brosur dan tempel di tempat-tempat yang strategis.

Setelah mulai ada yang meng-order cetakan, maka anda segera kerjakan settingan sesuai dengan keinginan peng-order. Misalnya ada yang pesan untuk dibuatkan brosur satu warna 1 rim. Anda setting dan print, jika belum bisa nyetting, datang aja ke tukang setting, kemudian hasilnya di print dan tunjukkan hasilnya ke pengorder. Jika deal, bisa dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu pembuatan plat seng atau plat paper. Untuk cetakan 1 rim mending pakai plat paper saja biar lebih irit.

Setelah pembuatan plat paper selesai, anda kulakan kertas 1 rim dan datanglah ke tukang jasa cetak. Dan hasil percetakan bisa di serahkan ke peng-order.  Pekerjaan ini kalau berjalan lancar hanya membutuhkan waktu setengah hari.

Berdasarkan penglaman saya kalau cetak brosur satu warna kita dapat untung antara 15 - 20rb. Itu baru dari satu peng-order, bagaimana bila dalam satu hari ada 5 sampai 10 pengorder? Insya Alloh untungnya lumayan banyak.

Jadi begitulah gambarn umum peluang bisnis percetakan. lain kali akan saya share pengalaman bisnis saya yang lain. Jangan lupa ikuti terus update artikel dari ilham.web.id.http://www.ilham.web.id/2013/07/trik-mengawali-bisnis-percetakan-tanpa.html

Posting Komentar